-->

Pengertian, Jenis, dan Contoh Kata Depan

Pengertian, Jenis, dan Contoh Kata Depan

Materi mengenai kada depan ada dalam pelajaran bahasa Indonesia baik SD, SMP, maupun SMA sesuai dengan tingkatan maisng-masing. Khusus untuk SMP materi ini diajarkan di kelas 8.

Pengertian Kata Depan

 

Kata depan kata yang merangkaikan kata-kata atau bagian-bagian kalimat

 

Contoh : Saya mendapatkan hadiah ulang tahun dari ayah.

 

 

Jenis Kata Depan dan Contoh Kata Depan

 

Berikut merupakan jenis kata depan beserta contohnya

 

Jenis kada depan umum

 

  • Ke, di, dari

Contoh:

Andi pergi ke pasar.

Andi menyapu lantai di kamar.

Andi pulang dari Cilacap.

 

  • Pada

Pada hari Sabtu aku pergi ke Ciamis.

 

  • Di mana, di sini, di sana, di situ, akan, oleh, dalam, atas, demi, guna, untuk, buat, berkat, terhadap, antara, tentang, hingga.

Contoh:

Di mana : Di mana Andrea tinggal?

Di sini : Tempatmu di sini.

Di sana : Di sanalah kamu tinggal.

Di situ : Di situlah Pangeran Antasari dimakamkan.

Akan : Akan jadi apa kamu tanpa kasih ibu?

Oleh : Andi menangis oleh temannya.

Atas : Aini berterimakasih atas bantuan Sukra.

Demi : Demi hidupnya, ia rela berkorban.

Guna : Gunakan listrik sehemat mungkin.

Untuk : Gunting digunakan untuk memotong.

Buat ; Andi memberi bungan buat kekasihnya.

Berkat : Andi selamat berkat pertolongan polisi.

Terhadap : Jangan galak terhadap murid.

Antara: Inilah kisah antara kau dan aku.

Tentang: Kisah ini tentang kita.

Hingga: Aku akan mencintaimu hingga maut memisahkan.

 

 

  • Menurut, menghadap, mendapatkan, melalui, menuju, menjelang.

Menurut : Menurut Andi ia tampan.

Melalui. Andi pulang melalui jalan setapak.

Menuju : Andi pergi menuju Jakarta.

Menjelang : Annisa pulang menjelang magrib.

 

  • Sampai
  • Contoh : Saya menunggu kakak pulang sampai larut malam.

 

  • Akan :
  • Sebagai pengantar objek

Contoh : Saya tidak tahu akan masalah itu.

  • Menyatakan kejadian yang akan datang (masa depan).

Contoh : Saya akan menjadi mahasiswa.

  • Penguat / Penekan

Contoh : Akan masalah itu saya kurang paham.

 

  • Dengan
  • Menyatakan aku

Contoh : Saya menulis dengan pulpen.

  • Hubungan kesetaraan (komitatif)

Contoh : Saya pulang dengan teman-teman.

  • Adverbial kualitatif

Contoh : Saya belajar dengan giat.

  • Keterangan komparatif (perbandingan)

Contoh : Saya sama tinggi dengan Ani.

 

  • Atas
  • Menyatakan tempat

Contoh : Rumah saya di atas bukit.

  • Menghubung kata kerja/benda dengan keterangan.

Contoh : Saya bersyukur atas karunia Allah.

  • Antara
  • Penunjuk jarak

Contoh : Jarak antara Banjar dan Ciamis 10 ,km

  • Penunjuk tempat -> di antara

Contoh : Antara Wiwin dan Hasya ada pemisah,

  • Kira-kira

Contoh : Antara 5 kilometeran.

 

Referensi : LKS Wijayakusuma Cilacap

 

Demikianlah Pengertian, Jenis, dan Contoh Kata Depan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Jenis, dan Contoh Kata Depan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel